0

Susunan Laporan Keuangan aka Financial Statement

Beberapa rekan saya menanyakan susunan Laporan Keuangan untuk perusahaan ada Jasa Sewa menyewa, pabrik, jasa rental, restaurant bahkan ada yang menanyakan Laporan Keuangan sebuah usaha peternakan telur ayam waduh sampai kebelinger saya ini, ada yang menanyakan juga laporan jasa Management Building yaitu sewa ruang dia sebuah tempat tepatnya gedung, bila hal yang ditanyakan adalah susunan Laporan Keuangan maka susunan Laporan Keuangan untuk perusahaan management buiding juga tentu tidak akan beda dengan Laporan Keuangan perusahaan lainnya pada umumnya kecuali dengan perusahaan yang mengelola bahan mentah menjadi bahan jadi baik itu makanan atau pun benda pokoknya yang melalui suatu proses atau yang dikenal dengan istilah pabrikase.
Laporan Keuangan
Laporan Keuangan
Tulisan ini untuk Newbie (pemula) saja yang master akunting justru juga harus baca ini tulisan karena kalo ane salah dikoreksi ya master hehehe saling mengoreksi dan indahnya berbagi…. .Macan akuntant saja ane gan banyak yang tanyakan tentang Laporan Keuangan perusahaan padahal basic seorang Kiki M Iqbal adalah IT dan Desainer yang punya hobi blogging namun takdir membawa pada kegiatan pembuatan Laporan Keuangan jadi deh akunting setengah cowboy namun tetap saya jalani dengan sepenuh jiwa dan setulus hati.  Saya bukanlah ahli dalam bidang ini tapi saya coba jawab dengan pengalaman saya selama ini.

 Financial Report


Yang Umum Disajikan Dalam Sebuah Laporan Keuangan.

Penyajian Laporan Keuangan yang umum adalah Neraca lanjut pada Laporan Rugi Laba ditambah Laporan Arus Kas (cash Flow) dan di bumbui dengan laporan trend penjualan atau laporan kegiatan perusahaan dan untuk susunannya dan model sendiri tergantung kepentingan perusahaan itu sendiri.

Laporan Keuangan mempunyai standar yang baku yang telah di tuangkan dalam P.S.A.K, namun standar ini bukan harga mati sebuah laporan karena kegiatan perusahaan itu beda beda  P.S.A.K hanya menjadi border sebuah laporan yang dibuat agar ada sebuah rel dan koridor yang jelas dalam Laporan Keuangan.

Dalam sebuah Laporan Keuangan yang terpenting adalah laporan tersebut bisa menggambarkan kegiatan keuangan perusahaan tersebut entah bagai mana caranya supaya si bos bisa mengerti dan memahami keadaan keuangan perusahaan, karena kelak Laporan Keuangan tersebut akan menjadi landasan pacu untuk take off perusahaan mau dibawa kemana arah dan tujuaannya.

Penggambaran jelas keadan uang sebuah perusahaan adalah sangat penting dalam sebuah laporan jangan hanya melaporkan ini perusahaan lagi rugi atau melaporkan Pak/Ibu kita udah untung nih laporannya tapi duitnya taudeh kemana huahahah……. Ingat Laporan Keuangan yang laba belum tentu mempunyai uang cash sesuai dengan Laporan Keuangan, jadi jangan sampai kita lapor ke bos ini Laporan Keuangan perusahaan untung 1 milyard tahun ini si bos seneng pas bilang oke saya mau ambil deviden eh di finance duitnya gak ada wkwkwk…. Mati ente dimaki-maki si bos nanti…

Ingat gan jangan terlalu kaku dengan P.S.A.K ya nanti ente mentok Laporan Keuangan itu sebuah seni juga jadi diperlukan improve dalam penyajiaannya namun jagan nyeleneh juga dalam improve laporan ingat dengan border P.S.A.K sebagai dasar acuan.

Yang mau copy artikel ane silahkan gan tapi please juga cantumin sumbernya minimal link ke blog ane ya gan, selamat membuat laporan.

 ,

Post a Comment

 
Top